ngadiminkles | Tips Active

Senapan angin Air Gun banyak disalah artikan sebagai senapan Airsoft Gun. Keduanya memang memiliki nama yang mirip, namun jelas berbeda. Senjata Air Gun dinilai berbahaya dan dilarang keras memilikinya karena senjata ini sudah mirip dengan senjata api. Senapan angin Air Gun memiliki perbedaan dengan Airsoft Gun diantaranya pada mekanisnya. Senapan Air Gun menggunakan CO2 sehingga tekanan peluru yang dihasilkan cukup kuat. Untuk jenis Air Gun tekanan bisa mencapai 2 joule lebih. Sedangkan untuk jenis senapan Airsoft Gun tekanannya di bawah 2 joule. Oleh karenanya senjata ini sangat berbahay bila ditodongkan pada manusia. Sehingga kepemilikannya dilarang keras.

Perbedaan lain senapan angin Air Gun dan senapan angin Airsoft Gun adalah jenis peluru yang digunakan. Untuk senapan Air Gun menggunakan peluru logam sedangkan untuk senapan Airsoft Gun menggunakan peluru yang terbuat dari plastik yang memiliki bobot hanya 0,4 gram saja. Senapan Air Gun menggunakan peluru yang memiliki bobot hingga 1,5 gram. Dengan jarak 3m, menembakkan peluru dengan menggunakan senapan angin Air Gun bisa menewaskan orang. Sehingga penggunaannya memang tidak bisa sembarangan. Senjata ini tidak bisa begitu saja dimiliki seperti senjata jenis lainnya. Jika kedapatan memiliki senjata jenis ini bisa terkena hukuman penjara. Maka berhati-hatilah dalam membeli senapan. Jangan sampai keliru dengan nama senapan yang serupa ini.

Airsoft Gun memang berbeda dengan senapan angin Air Gun. Senjata ini tidak berbahaya dan kepemilikannya juga tidak dilarang. Namun meski demikian tidak diperkenankan untuk membawanya sembarangan. Sebaiknya menggunakan senjata Airsoft Gun dengan sebaik-baiknya. Lebih disarankan menggunakan pelindung saat menggunakannya kemana-mana. Apabila kedapatan digunakan untuk mengancam, meskipun menggunakan Airsoft Gun juga bisa dipenjara. Jenis Airsoft Gun ini nyatanya memang dijual secara bebas, namun untuk tujuan tertentu. Membawanya tanpa tujuan bisa dicurigai melakukan aksi. Maka selalu behati-hati dengan senjata. Meski tidak berbahaya harus punya alasan khusus untuk menggunakannya. Banyak kasus yang menyangkut Air Gun dan Airsoft Gun ini yang sudah diperkarakan.