ngadiminkles | Olah Raga

Sakit ginjal ternyata tidak hanya diderita oleh mereka yang berusia dewasa atau tua, karena kini juga banyak ditemukan penyakit buah pinggang di kalangan anak-anak serta remaja. Hal ini terkait salah satu faktor penyebab penyakit ginjal adalah kegagalan pertumbuhan ginjal saat janin masih dalam kandungan. Kegagalan ini akan menyebabkan seseorang menderita sakit ginjal sejak usia anak-anak. Penyakit ginjal pada anak-anak juga bisa berujung pada penyakit gagal ginjal kronis atau CKD. Langkah pencegahan CKD di antaranya adalah dengan menerapkan pola makan sehat, menghindari alkohol serta rokok, olahraga secara teratur, berhati-hati dalam konsumsi obat tertentu serta mewaspadai dan juga menangani penyakit diabetes secara benar.

Penyakit buah pinggang di kalangan anak-anak dapat pula menyebabkan infeksi ginjal. Infeksi pada ginjal ini terjadi karena adanya perpindahan bakteri yang berasal dari kandung kemih ke salah satu atau bahkan kedua ginjal. Infeksi ginjal tentu akan menyebabkan rasa sakit dan biasanya terjadi sebagai akibat dari komplikasi infeksi pada saluran kemih. Gejala sakit buah pinggang yang berupa infeksi ginjal ini berlangsung cepat dan selangnya hanya beberapa jam saja setelah bakteri telah mencapai ginjal. Gejala infeksi ginjal di antaranya adalah lebih sering buang air kecil serta akan terasa sakit, bau urin tidak seperti umumnya, mual dan muntah, perut bagian samping serta punggung mengalami rasa sakit ataupun tidak nyaman, kehilangan nafsu makan, diare serta demam dan terasa menggigil.

Infeksi ginjal dapat pula terjadi pada anak-anak. Penyakit buah pinggang di kalangan anak-anak yang tergolong infeksi ginjal ini juga akan menampakkan gejala tersendiri. Di antaranya adalah sebagai berikut. Anak akan susah makan serta sering mengalami muntah, rewel, badan lemas, sakit perut, hematuria atau muncul darah dari dalam urin, mengompol, bau urin tidak seperti umumnya, sakit kuning, pertumbuhan anak tidak normal serta seringkali disebabkan oleh bakteri E.coli yang ada dalam tinja manusia. Diagnosis untuk penyakit infeksi ginjal ini akan dilakukan melalui serangkaian pemeriksaan fisik dokter dan juga tes urin.